PANTAI PEH PULO






Berada di Desa Sumbersih, Kecamatan Panggungrejo, Kabupaten Blitar, Jawa Timur, dari pusat Kota Blitar berjarak sekitar 45 km tenggara. Akses menuju pantai sangat minim, jalan beraspal hanya sampai pertengahan Desa Sumbersih. Selanjutnya untuk menuju pantai, akses berupa jalur cor yang sudah cukup untuk dilewati kendaraan roda empat.

Nah, mendekati Pantai Wedi Ombo, yang panjangnya mencapai 500 meter, akses jalan hanya berupa makadam. Namun hal itu, akan terbayar dengan keindahan pantai berpasir putih yang membentang. Tidak adanya bangunan pendukung menunjukkan jika pantai di desa itu masih perawan. Hanya terjamah oleh beberapa pengunjung cerdas yang berhasil mengetahui potensi alam yang tersembunyi. Tidak hanya itu, selama ini banyak pengunjung yang sering salah paham dengan pantai yang ada di desa itu. Orang sering menyebut Pantai Pehpulo, namun yang dikunjungi ternyata Pantai Wedi Ombo.

Padahal keduanya jelas berbeda, Pantai Pehpulo dengan pemecah gelombang berupa sekitar lima pulau tak berpenghuni terletak sebelah timur dari Pantai Wedi Ombo, setelah Pantai Wedi Ciut. Panjang garis pantainya hanya sekitar 50 meter. Untuk mencapai pantai terindah itu, pengunjung harus berjalan kaki melintasi ladang warga. Sebab untuk sepeda motor, bagi pengunjung disarankan disusupkan ke ladang warga yang keamanannya oleh warga setempat sangat dijamin. Terbukti saat berkunjung pertengahan Mei lalu, si Vega merah juga tetap ada di tempat meski ditinggal lama untuk bersantai. Untuk lebih jelasnya, sebaiknya bertanya ke warga setempat karena sudah tidak melewati akses menuju Pantai Wedi Ombo. Sekitar 1 km akses utama mengambil jalan pintas di sebelah kiri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar