Perbedaan Katolik Dan Protestan

Berkah dalem gusti.

Ada beberapa perbedaan mendasar antara Gereja Katolik dengan Protestan :
1. Dalam hubungannya dengan penafsiran Kitab Suci, Protestan menganut paham 'sola scriptura' yang artinya 'hanya Kitab Suci', sementara Gereja Katolik selain menganut 'sola scriptura' juga menganut 'sola gratia' yang artinya 'hanya rahmat'. Jadi dalam Protestan setiap orang berhak menafsirkan Kitab Suci sesuai dengan pemahamannya sendiri, sedangkan dalam Gereja Katolik Kitab Suci hanya dapat ditafsirkan secara resmi oleh orang-orang yang mendapat 'rahmat' untuk itu (pertama dari Bapa Paus, diturunkan pada Kardinal, Uskup, Pastur, dst). Maka dari itu untuk membedakan buku terbitan Protestan dan Katolik, dapat dilihat apakah ada tulisan
'Nihil Obstat' dan 'Imprimatur'. Kalau ada berarti buku itu adalah terbitan Katolik yang telah disahkan kebenarannya oleh yang berwenang.
2. Gereja Katolik didirikan di atas dasar 'PETRUS', batu karang yang teguh, sebagaimana tertulis dalam kitab Matius 16:18 Dan Akupun berkata kepadamu: "Engkau adalah Petrus dan di atas batu karang ini Aku akan mendirikan jemaat-Ku dan alam maut tidak akan menguasainya."
Maka dari itu dalam Gereja Katolik ada Bapa Paus, sebagai penerus dari St. Petrus. Sedangkan Gereja Protestan menyatakan bahwa gereja didirikan di atas dasar Kristus sendiri.
3. Dalam Gereja Protestan setahu saya hanya ada dua sakramen yakni sakramen Baptis dan sakramen Pernikahan. Sedangkan dalam Gereja Katolik seperti yang kita ketahui ada tujuh sakramen, antara lain sakramen Baptis, Krisma, Tobat, Ekaristi, Imamat, Pernikahan, dan sakramen Pengurapan Orang Sakit.
4. Gereja Katolik merupakan persekutuan para kudus, sehingga umat dapat berdevosi kepada para santa/santo, asalkan devosi itu pada akhirnya tetap mengantarkan umat kepada Allah Tritunggal sendiri. Gereja Protestan menolak ajaran ini.
5. Dalam Gereja Protestan, satu-satunya sumber kebenaran adalah Kitab Suci, sedangkan Gereja Katolik juga mengakui Tradisi Suci sebagai sumber kebenaran di samping Kitab Suci sendiri.
6. Salib pada Gereja Protestan tidak ada Corpus Christi/Tubuh Kristus.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar